Sastra
Islam di Nusantara pada awalnya muncul dalam bahasa Melayu pada abad ke-14 – 15
M bersamaan dengan semakin meluasnya penyebaran agama ini di kepulauan Melayu.
Awal kemunculannya dalam bahasa Melayu dimungkinkan karena bahasa inilah yang
pada awalnya digunakan sebagai media penyebaran Islam dan bahasa pengantar di
lembaga-lembaga pendidikan Islam. Derasnya proses Islamisasi di kepulauan
Nusantara pada abad ke-16 M membuat bahasa Melayu naik perannya menjadi bahasa
keilmuan dan keagamaan terpenting di kawasan ini, dan karena itu pula memiliki
kedudukan istimewa di tengah bahasa-bahasa etnik Nusantara yang lain. Begitu
pula kesusastraammya.
Walaupun
pada abad-abad berikutnya karya-karya keislaman juga muncul dalam bahasa
Nusantara lain seperti Jawa, Bugis, Sunda, dan Madura, namun karya-karya Melayu
tetap memiliki kedudukan istimewa sebagai wadah ekspresi estetik Islam. Pada
akhir abad ke-16 M, dan terutama sekali pada awal abad ke-17 M, ketika Islam
telah tersebar luas ke hampir seluruh pelosok kepulauan ini, sastra Melayu
mulai pula menapak puncak perkembangannya. Pada masa ini
muncul tokoh-tokoh besar seperti Hamzah Fansuri, Bukhari al-Jauhari, Syamsudin
Sumatrani, Nuruddin al-Raniri, dan lain-lain. Pada umumnya mereka adalah ulama
dan ahli tasawuf terkemuka, yang juga giat menulis karya-karya keilmuan dan
kitab agama.
Pada masa keemasan ini berbagai genre yang membentuk
keseluruhan tradisi sastra Melayu, muncul secara bersamaan. Suburnya kegiatan
penulisan sastra pada abad ini didorong pula oleh pandangan Islam yang melihat
alam semesta ini sebagai kitab agung yang ditulis oleh Tuhan dengan kalamnya di
atas lembaran yang benar-benar terpelihara (lawh al-mahfudz). Dalam
kitab agung-Nya itu sang Khaliq menebarkan ayat-ayat atau tanda-tanda
keberadaan-Nya, yang wajib dibaca, direnungi dan ditafsirkan oleh mereka yang
terpelajar.
Pada tahun 1928, bahasa Melayu dipilih menjadi bahasa
nasional. Ini menjadikan sastra Melayu dapat melanjutkan esksistensinya hingga
sekarang. Apa yang disebut sebagai sastra Indonesia modern tidak lain adalah
kelanjutan dari sastra Melayu yang telah berkembang berabad-abad sebelumnya.
Derasnya pengaruh Barat berlangsung sejak sastra baru ini muncul, memang kerap
memberi kesan bahwa ia telah terpotong dari akarnya. Namun dalam kenyataan, Islam
dan tradisi estetiknya tetap memberikan pengaruh, yang bahkan semakin kuat pada
dekade 1970-an. Khususnya dengan munculnya gerakan sastra sufistik, yang
berkembang bersamaan dengan bangkitnya kembali minat terhadap tasawuf di
kalangan luas masyarakat Muslim kota dalam dekade yang sama.
Pembabakan Sastra Melayu-Muslim
Perkembangan sastra Melayu Islam sejak awal kemunculannya
hingga akhir zaman klasiknya dapat dibagi menjadi empat periodisasi:
- Zaman Awal, pada abad ke-14 – 15 M;
- Zaman Peralihan, dari akhir abad ke-15 hingga pertengahan abad ke-16 M;
- Zaman Klasik, dari akhir abad ke-16 hingga awal abad ke-18 M;
- Zaman Akhir, dari pertengahan abad ke-18 hingga awal abad ke-20 M.
Zaman Awal ditandai dengan munculnya terjemahan dan
saduran karya-karya Arab dan Persia ke dalam bahasa Melayu. Babakan ini
bersamaan dengan munculnya dua kerajaan Islam awal yaitu Samudra Pasai
(1270-1516 M) dan Malaka (1400-1511 M). Karya-karya saduran dan terjemahan itu
pada umumnya ditulis untuk kepentingan pengajaran dan penyebaran agama.
Terutama epos Arab Persia seperti Hikayat Iskandar Zulkarnain, Hikayat
Amir Hamzah dan Hikayat Muhammad Ali Hanafiya; kisah-kisah para
nabi (Qisas al-Anbiya‘), termasuk Nabi Muhammad s.a.w., dan cerita
berbingkai seperti Hikayat Bayan Budiman dan Hikayat Seribu Satu
Malam. Pada masa ini, puisi beberapa penyair seperti Ma‘arri, Umar Khayyam,
‘Attar, Sa‘di, dan Rumi juga telah muncul terjemahannya dalam bahasa Melayu.
Zaman Peralihan berlangsung bersamaan dengan masa akhir
kejayaan Malaka dan munculnya kesultanan Aceh Darussalam (1516-1700 M). Zaman
ini ditandai dengan usaha Melayunisasi hikayat-hikayat Arab dan Persia,
pengislaman kisah-kisah warisan zaman Hindu, dan penulisan epos lokal serta
historiografi. Syair-syair tasawuf, agiografi sufi, dan alegori-alegori mistik
mulai ditulis pada zaman ini. Di antara alegori mistik terkenal ialah Hikayat
Burung Pingai, yang merupakan versi Melayu dari Mantiq al-Tayr
(Musyawarah Burung) karangan penyair sufi Persia Farid al-Din al-‘Attar (w.
1220 M).
Zaman Klasik sastra Melayu berlangsung dari akhir abad
ke-16 hingga awal abad ke-18 M. Periode ini ditandai dengan kesadaran pengarang
Melayu untuk membubuhkan nama diri dalam karangan yang ditulisnya. Syair-syair
tasawuf dan karya bercorak sufistik lain kian banyak dilahirkan dalam periode
ini, begitu juga epos, karya sejarah, dan roman yang lebih orisinal.
Keorisinalan karya penulis Melayu pada periode ini tampak terutama dalam
syair-syair tasawuf Hamzah Fansuri yang indah dan begitu mendalam isinya.
Dalam menulis karya-karya mereka, penulis-penulis Melayu
pada umumnya bertolak dari dua wawasan estetika yang popular di dunia Islam.
- Pertama, wawasan etsteika yag diasaskan para filosof dan teoritikus peripatetik (mashsha‘iya) seperti al-Farabi, Ibn Sina, dan Abdul Qahir al-Jurjani, yang memandang sastra sebagai karya imaginatif (mutakhayyil). Keimaginatifan sebuah karya bisa tercapai jika pengarang menggunakan bahasa figuratif (majaz) seintensif dan semaksimal mungkin. Wawasan estetik ini merupakan sintesa pandangan Plato dan Aristoteles.
- Kedua, wawasan estetika yang diasaskan para sufi seperti Imam al-Ghazali, Ibn ‘Arabi, ‘Attar, Rumi, dan Jami. Bagi mereka karya sastra adalah representasi simbolik dari gagasan dan pengalaman keruhanian.
Zaman Akhir membentang dari awal abad ke-18 hingga akhir
abad ke-19 M. Pada periode ini karya-karya keislaman ditulis di berbagai pusat
kebudayaan Islam baru seperti Palembang, Banjarmasin, Patani, Johor, Riau,
Kelantan, dan tempat-tempat lain di kepulauan Melayu. Sekalipun sejak akhir
abad ke-18 kerajaan-kerajaan Islam ini sudah jatuh ke tangan penguasa kolonial
seperti Belanda dan Inggris, namun kegiatan penulisan sastra Islam masih terus
berlanjut hingga awal abad ke-20 M. Tidak banyak pembaruan dilakukan pada zaman
ini. Namun zaman ini melahirkan penulis-penulis kitab keagamaan dan
historiografi terkemuka seperti Abdul Samad al-Falimbangi, Arsyad al-Banjari,
Kimas Fakhrudin, Sultan Badruddin, Nawawi al- Bantani, Raja Ali Haji, dan
lain-lain.
Dalam sastra Melayu semua karya berbentuk prosa pada
umumnya disebut hikayat, dari kata-kata Arab yang arti literalnya ialah kisah
atau cerita. Berdasarkan pokok pembahasan dan corak penyajiannya, keseluruhan
hikayat Melayu lazim dibagi ke dalam sepuluh jenis:
- Hikayat Para Nabi, biasa disebut Surat Anbiya‘. Mengisahkan kehidupan para nabi sebelum Nabi Muhammad, termasuk Nabi Adam, Idris, Nuh, Ibrahim, Musa, Ayub, Yusuf, Daud, Sulaiman, Isa Almasih, dan lain sebagainya. Yang paling populer ialah Hikayat Nabi Musa, Hikayat Nabi Sulaiman, Hikayat Yusuf dan Zuleikha, dan Isa Almasih.
- Kisah-kisah yang berhubungan dengan kehidupan Nabi Muhammad. Termasuk Hikayat Kejadian Nur Muhammad, Hikayat Nabi Mikraj, Hikayat Seribu Satu Masalah, Hikayat Nabi dan Iblis, Hikayat Nabi dan Orang Miskin, Hikayat Nabi Mengajar Ali, dan lain sebagainya.
- Kisah Sahabat dan Kerabat Nabi. Menceritakan kehidupan dan perjuangan sahabat-sahabat Nabi Muhammad seperti Abu Bakar, Umar bin Khattab, Usman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, Hikayat Raja Handak, Hikayat Salman al-Farisi, Hikayat Hasan dan Husein, dan lain sebagainya.
- Hikayat Para Wali Sufi. Misalnya Hikayat Rabi‘ah al-Adawiyah, Hikayat Ibrahim Adham, Hikayat Bayazid Bhistami, Hikayat Syekh Abdul Qadir al-Jilani, Hikayat Syekh Saman, Hikayat Syamsi Tabriz, dan lain-lain.
- Hikayat Pahlawan atau epos. Misalnya yang paling populer dan dijumpai dalam berbagai versi ialah Hikayat Iskandar Zulkarnain, Hikayat Amir Hamzah, dan Hikayat Muhammad Ali Hanafiya.
- Hikayat Para Bangsawan. Misalnya Hikayat Johar Manik, Hikayat Syamsul Anwar, Hikayat Kamaruz Zaman, Hikayat Sultan Bustaman, Hikayat Siti Hasanah, Hikayat Siti Zubaidah Berperang dengan Pendekar Cina, Hikayat Syekh Mardan dan lain sebagainya. Hikayat jenis ini paling banyak dijumpai dalam sastra Melayu. Yang diceritakan biasanya adalah petualangan, percintaan, dan perjuangan tokoh membela negeri atau martabat keluarga. Jadi termasuk ke dalam jenis roman.
- Perumpamaan atau Alegori Sufi. Pada umumnya alegori sufi digubah berdasarkan roman yang popular, tetapi disajikan secara simbolik sebagai kisah perjalanan kerohanian. Yang terkenal di antaranya ialah Hikayat Syekh Mardan, Hikayat Inderaputra, Hikayat Burung Pingai, dan lain-lain.
- Cerita Berbingkai. Sebagian besar kisah berbingkai dalam sastra Melayu merupakan saduran dari cerita berbingkai Arab dan Persia. Yang terkenal selain Kisah Seribu Satu Malam adalah Hikayat Bayan Budiman, Hikayat Maharaja Ali, Hikayat Bachtiar, Hikayat Khalilah dan Dimnah, dan lain-lain. Di antara cerita terbingkai ini termasuk fabel, yaitu Hikayat Bayan Budiman dan Hikayat Khalilah dan Dimnah. Sebelum hadirnya versi Arab Persia, telah hadir versi India dalam sastra Jawa dengan judul Tantri Kamandaka, yang merupakan saduran dari Panchatantra. Fabel asli Melayu yang terkenal ialah Kisah Pelanduk Jenaka.
- Kisah Jenaka. Yang terkenal Hikayat Abu Nuwas dan Hikayat Nasrudin Affandi. Kisah Jenaka asli Melayu yang terkenal di antaranya ialah Hikayat Pak Belalang.
- Karya bercorak sejarah atau historiografi. Karya semacam ini sering pula disebut salasilah. Khazanahnya tergolong banyak dalam sastra Melayu. Yang terkenal ialah Hikayat Raja-raja Pasai, Sejarah Melayu, Hikayat Aceh, dan lain-lain.
------------------ooOoo--------------------
[1]
Sumber : http://ahmadsamantho.wordpress.com/2007/09/26/sastra-islam-melayu-indonesia/
[2]
Prof. Dr. Abdul Hadi W.M., adalah guru besar Fakultas Falsafah
dan Peradaban Universitas Paramadina, Jakarta, Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar