Hakim Sina'i
Ia dikenal sebagai salah satu guru Jalal al-Din Rumi. Annemarie Schimmel memujinya setinggi langit sebagai "guru para Sufi Persia". Hanya sayang, catatan biografinya dan karyanya masih sedikit yang dipublikasikan. Masih banyak tulisan mengenainya dalam bentuk manuskrip yang tersimpan di berbagai institusi dan museum. Seorang ahli yang bernama Zakariyya Al Qazwini menggambarkan Sanai sebagai seorang bijak dan mistikus yang hidup di ”tempat-tempat berantakan”, dalam kemiskinan yang menekan diri dan mengembara dengan kaki telanjang. Banyak lika-liku hidupnya yang menarik. Salah satunya Sanai pernah digolongkan sebagai orang yang keluar dari Islam.
Ia bernama lengkap Hakim Abul-Majd bin Adam Sana'i Majdūd Ghaznavi ( Persia : حکیم ابوالمجد مجدود بن آدم سنایی غزنوی ) adalah seorang sufi penyair Persia[1]
yang tinggal di Ghazna, di tempat yang sekarang Afghanistan antara abad 11 dan
abad ke-12. Beberapa orang
mengeja nama sebagai Sanayee. Dia meninggal sekitar 1131. Dia cukup memiliki kedekatan dengan seorang sultan dari Dinasti Ghaznawi, yakni Sultan Bahram-Syah yang
memerintah 1118-1152. Dikatakan bahwa setelah saat mendampingi Sultan Bahram shah
pada ekspedisi militer ke India, Sanai bertemu dengan guru Sufi di Lai-khur. Sang Sufi tersebut menyatakan bahwa Sultan adalah seorang yang rakus karena menyerang India. Bagi Sana'i sendiri, sang Sufi menyatakan bahwa Sana'i hanyalah "Menyair hanya untuk menyenangkan para penguasa dan demi mengharapkan imbalan." Lai Khur kemudian mengatakan bahwa penyair yang memuji sultan adalah sikap yang bodoh. Kata-kata ini seperti gempa bumi bagi Hakim Sanai. Mendengar hal tersebut Sanai "kaget" dan tak lama kemudia ia berhenti mengabdi pada Bahramshah sebagai penyair istana meskipun ia dijanjikan kekayaan dan putri raja dalam pernikahan jika dia tetap bekerja untuknya. Ia mulai belajar sufisme dengan seorang guru sufi bernama Yusuf Hamdani.
Sana’i menulis karya yang cukup banyak, dalam
bait bait mistis, yakni Walled Garden of Truth atau The Hadiqat
al-Haqiqah (حدیقه الحقیقه و شریعه الطریقه). Karya ini merupakan masterpiece
dan epik mistis Sufisme Persia pertama. Karya ini didedikasikan untuk Bahram Shah, dan juga merupakan karya yang dimaksudkan sebagai
mengekspresikan ide-ide kepenyairannya pada Allah, filsafat cinta, dan filsafat "hikmah". [2] Selama hampir 900 tahun Walled Garden
of the Truth telah secara konsisten dibaca sebagai klasik dan bekerja
sebagai sufi buku teks. Menurut Stephenson T. Mayor: "Ketenaran
Sanai yang selalu didasarkan pada karya Hadiqa. Karya ini adalah
yang terbaik, dan di Timur karya ini paling terhormat dari karya-karyanya. Karenanya,
berbagai kebajikan dalam karya ini telah membentuk salah satu dari trio guru
Sufi terkenal- Sanai, Attar , Jalaludin Rumi". Sanai
mengajarkan bahwa nafsu, keserakahan dan kegembiraan emosional berdiri di
antara umat manusia dan pengetahuan ilahi, yang merupakan satu-satunya realitas
sejati (Haqq). Cinta (Ishq) dan hati nurani sosial baginya
dasar agama, umat manusia sedang tidur, hidup di dunia sepi. Untuk Sanai
agama umum hanya kebiasaan dan ritual.
Syair-syair Sanai telah memliki pengaruh yang
besar terhadap sastra Persia-Muslim. Dia
dianggap sebagai penyair pertama yang menggunakan qasidah (ode), ghazal (lirik),
dan Masnawi (kuplet berirama) untuk mengekspresikan ide-ide
filosofis, mistis dan etika tasawuf. Rumi mengakui
bahwa Sanai dan Attar merupakan dua
inspirasi utama. Ia mengatakan, " Attar adalah jiwa dan Sanai mata dua, saya datang setelah
Sanai dan Attar." [ 3 ]
Beberapa Contoh Karya Sastra Sana’i
Puisi
Sanai yang menekankan kemungkinan "kebangkitan";
While mankind remains
mere baggage in the world
It will be swept along, as in a boat, asleep.
What can they see in sleep?
What real merit or punishment can there be?
It will be swept along, as in a boat, asleep.
What can they see in sleep?
What real merit or punishment can there be?
(Sementara manusia
tetap bagasi hanya di dunia
ini akan menyapu bersama, seperti dalam kapal, tertidur.
Apa yang bisa mereka lihat dalam tidur?
Apa manfaat nyata atau hukuman bisa ada?)
ini akan menyapu bersama, seperti dalam kapal, tertidur.
Apa yang bisa mereka lihat dalam tidur?
Apa manfaat nyata atau hukuman bisa ada?)
Dia yang tidak tahu dirinya sendiri,
bagaimana dia tahu jiwa orang lain? dan ia yang hanya tahu tangan dan
kaki, bagaimana dia tahu Ketuhanan? Para nabi tidak sama untuk memahami
hal ini, mengapa engkau mengaku bodoh untuk melakukannya? Ketika Engkau
membawa ke depan demonstrasi subjek ini, maka engkau mengetahui esensi murni
dari iman, jika tidak apa yang memiliki iman dan Engkau di dalam umum? Engkau
hadst baik tidak berbicara, dan berbicara tidak kebodohan. Omong kosong
bicara belajar semua, karena agama yang benar adalah bukan tenunan tentang kaki
setiap orang. [ 4 ]
Berarti Nya bagi kebangkitan ini adalah
penyerahan kepada Tuhan, puisinya telah disebut "aroma esensial dari jalan
cinta". Ia memukul keluar pada kemunafikan dan kebodohan manusia; [ 5 ]
Lainnya lalai,-jangan engkau bijaksana,
dan di jalan ini terus lidahmu diam. Kondisi seperti diletakkan pada salah
satu adalah bahwa ia harus menerima semua makanan dan minuman dari orang yg
menyebabkan sesuatu, bukan dari penyebab. Pergilah, sabarlah menderita,
jika engkau wouldst harus dihargai, dan jika tidak, berbahagialah dengan jalan
ke neraka. Tidak ada yang pernah mencapai tujuannya tanpa kesulitan yang
abadi. [ 6 ]
Saat ummat manusia tetap merupakan benda semata di dunia
Maka akan dibawa serta, seperti dalam kapal, tertidur.
Apa yang dapat mereka lihat dalam tidur?
Manfaat atau hukuman apa yang ada?
Kemudian salah satu bunyi puisi lainnya:
Jangan membicarakan kepiluanmu-karena Dia yang berbicara.
Jangan mencari-Nya-karena Dia yang mencari.
Dia bahkan merasakan sentuhan kaki semut;
Bila batu di bawah air bergerak
Dia mengetahuinya.
Jika ada cacing di bebatuan
Dia tahu tubuhnya, lebih kecil dari atom.
Suara doanya, dan maksudnya yang tersembunyi,
Dia tahu melalui pengetahuan Ilahiah-Nya.
Dia memberi cacing makanannya;
Dia telah menunjukkan kepadamu jalan Ajaran.
Tentang kehampaan As Sanai berkata ,” Setiap orang di dunia pada umumnya tidur. Agama mereka agama dunia yang lazim-adalah kehampaan, sama sekali bukan agama.” Sedangkan tentang kelaparan ”Orang-orang puas dengan diri mereka sendiri disebabkan oleh kelaparan mereka akan sesuatu yang lain. Oleh karena itu mereka lapar. Mereka yang kembali dari perbuatan salah, mereka adalah orang-orang yang shalat; bukan mereka yang semata tampak sujud ketika sedang shalat. Shalat adalah suatu kegiatan.”
Anekdot Kisah si tolol dan onta yang sedang makan rumput
Bahlul (seorang Tolol) memperhatikan seekor unta yang sedang makan rumput. Katanya kepada binatang itu, “Tampangmu mencong. Kenapa begitu?” Unta menjawab, “Dalam menilai kesan yang timbul, kau mengaitkan kesalahan dengan hal yang mewujudkan bentuk. Hati-hatilah terhadap hal itu! Jangan menganggap wajahku yang buruk sebagai suatu kesalahan. Pergi kau menjauh dariku, ambil jalan lintas. Tampangku mengandung arti tertentu, punya alasan tertentu. Busur memerlukan yang lurus dan yang bengkok, pegangannya dan talinya.” Orang tolol, enyahlah: “Pemahaman keledai sesuai dengan sifat keledai.”
Bahlul (seorang Tolol) memperhatikan seekor unta yang sedang makan rumput. Katanya kepada binatang itu, “Tampangmu mencong. Kenapa begitu?” Unta menjawab, “Dalam menilai kesan yang timbul, kau mengaitkan kesalahan dengan hal yang mewujudkan bentuk. Hati-hatilah terhadap hal itu! Jangan menganggap wajahku yang buruk sebagai suatu kesalahan. Pergi kau menjauh dariku, ambil jalan lintas. Tampangku mengandung arti tertentu, punya alasan tertentu. Busur memerlukan yang lurus dan yang bengkok, pegangannya dan talinya.” Orang tolol, enyahlah: “Pemahaman keledai sesuai dengan sifat keledai.”
Catatan:
1. "SANA’I." Encyclopædia Britannica. 2008. Encyclopædia
Britannica Online. 17 Juli 2008 <http://www.britannica.com/EBchecked/topic/521711/Sanai >.
2. "SANA’I." Encyclopædia Britannica. 2008. Encyclopædia
Britannica Online. 15 Juli 2008 <http://www.britannica.com/EBchecked/topic/521711/Sanai >.
3. JTP De Bruijn (15 Desember 2002). "Ḥadiqat al-Haqiqah wa al-Sari' al-Thariqah" . Iranica . Diakses 2010-09-06 .
Para Ḥadiqat al-haqiqah tidak hanya salah
satu yang pertama dari garis panjang maṯnawis didactical Persia, juga salah satu karya paling populer dari
jenisnya sebagai sejumlah besar salinan dibuat selama berabad-abad
membuktikan.Dampak yang besar pada sastra Persia dibuktikan oleh banyak kutipan
dari puisi terjadi dalam karya-karya mistis serta profan. Ini telah
diambil sebagai model oleh penyair lainnya, termasuk Nezami, ʿ Attar, Rumi, Awḥadi, dan Jami.”
4. Sumber: Dari: Kebun Terlampir Dari Kebenaran, Diedit dan
diterjemahkan oleh J. Stephenson pada tahun 1910
5. Osho, Unio Mystica , Vol 1, Bab 1, Rajneesh
Yayasan Internasional
6. Sumber: Dari: Kebun Terlampir Dari Kebenaran, Diedit dan
diterjemahkan oleh J. Stephenson pada tahun 1910
- http://en.wikipedia.org/wiki/Sanai
- http://rira.ir/rira/php/?page=view&mod=classicpoems&obj=poet&id=28
Tidak ada komentar:
Posting Komentar